Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 8, No 1 (2024): FEBRUARI 2024

EFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIDKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI TERHADAP DAYA TANGKAP PESERTA DIDIK SDN BANJARSARI

Atik Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Yudistira Putra Harum (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Inggi Ardianto Nugraha (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Misikatul Hajar (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Danya Mozza Elshiva (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Artikel ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpacu pada buku ajar dan papan tulis, sehingga  hal tersebut menyebabkan pola pikir peserta didik kurang kreatif dan kurangnya kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama dan budi pekerti kelas 5 SDN Banjarsari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan dua metode pembelajaran yaitu metode konvensional dan metode Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah tes evaluasi dan observasi, instrument yang dipakai adalah soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh berupa kemampuan pemecahan masalah mengimani hari akhir, data hasil dan observasi pada saat proses pembelajaran dari aktivitas peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil tes metode konvensional dengan metode Problem Based Learning (PBL). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80 persen peserta didik tuntas dari KKM ≥78. Hasil menunjukkan jika penerapan metode Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah mengimani hari akhir. Nilai rata-rata kelas naik, dari 75,78 saat menggunakan metode konvensional menjadi 84,21 setelah menerapkan metode Problem Based Learning. Jumlah peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM meningkat dari 8 peserta didik (42%) pada metode konvensional menjadi 17 peserta didik (89%). Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80 persen peserta didik tuntas belajar dengan KKM  ≥ 78

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sinarsangsurya

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Environmental Science Physics

Description

Focus and Scope of the articles published in SINAR SANG SURYA: Journal of Research-based Community Service such as Community Empowerment, Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development. The partner community can be in the form of productive ...