Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang digunakan pada budidaya Jeruk dalam meningkatkan pendapatan. Penelitian ini selain dianalisis menggunakan desktiptif kualitatif juga menggunakanan alisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity,Threat).Analisis Swot adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman di lingkungan eksternal maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lingkungan internal perusahaan.Analisis SWOT dilakukan melalui matriks IFAS (Internal Factor Analisis Summary) yang menguraikan faktor-faktor kekuatan terbesar dan kelemahan budaya jeruk dan matriks EFAS (Internal Factory Analisis Summary) yang menguraikanfaktor-faktor peluang dan ancaman dalam budidaya Jeruk. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor IFAS 3,37 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 3.18 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yang adadengan cara yang luarbiasa dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Pada diagram Cartesius menunjukkan posisi perusahaan dalam keadaan agresif yaitu sangat menguntungkan bagi perusahaan. Adapun srategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan adalah semakin memperluas pangsa pasar Jeruk kebeberapa wilayah lain dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan berupa networking dan hubungan baik antara gen dan mengambil peluang dengan meningkatnya kebutuhan Jeruk yang ada.
Copyrights © 2024