Jotika Journal in Management and Entrepreneurship
Vol. 3 No. 2 (2024): Februari

STRATEGI PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGELOLAAN PELAYANAN IBADAH UMRAH

Mohammad Haikalus Shomadani (Unknown)
Pradani Lu’liatil Firdaus (Unknown)
Aulia Najwa Zaen (Unknown)
Fadlun Wulida Maulidiyah (Unknown)
Armita Hasna Salsabila (Unknown)
Fania Mutiara Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan manajemen penyelenggaraan ibadah umrah di Indonesia, dengan fokus pada pelayanan publik dan kepuasan jamaah. Menggunakan metode systematic literature review, penelitian ini menganalisis berbagai aspek manajemen, seperti rencana strategis, pengelolaan sumber daya manusia, dan pelaksanaan umrah. Hasil temuan menunjukkan bahwa reformulasi manajemen, pembinaan masyarakat terhadap syarat pelaksanaan ibadah, dan strategi pelayanan umrah di Agen Tour Travel dapat meningkatkan kualitas layanan. Diperlukan perhatian khusus terhadap kekurangan dalam sistematisasi agenda di lapangan dan kurangnya pengetahuan jamaah. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang efektivitas manajemen penyelenggaraan ibadah umrah, dampaknya terhadap kepercayaan masyarakat, dan respons jamaah terhadap perubahan tersebut, yang dapat membimbing upaya peningkatan dalam penyelenggaraan ibadah umrah di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jotika Journal in Management and Entrepreneurship diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2847, merupakan jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian di bidang manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari ...