Jotika Journal in Management and Entrepreneurship
Vol. 3 No. 2 (2024): Februari

MANAJEMEN KOMPESNSASI PERSPEKTIF HAJI UMRAH MAYOR

Muhammad Faqih Wiguna (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Alif Nur Fadzilah (UIN WALISONGO)
Rizky Damayanti (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
M. Fathin Fada (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Muhammad Zakarya Chakampai (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Fania Mutiara Savitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam Biro Travel Haji dan Umroh, kompensasi tidak hanya mencakup aspek finansial, tetapi juga melibatkan elemen psikologis dan emosional. Karyawan dalam industri ini cenderung berdampak secara mendalam secara psikologis oleh sifat pekerjaan yang bersifat spiritual. Kompensasi bukan hanya sebagai insentif materi, tetapi juga sebagai pengakuan terhadap nilai spiritual dalam menjalankan tugas mereka. Dampak psikologis ini memberikan motivasi yang lebih dalam, tetapi sekaligus menjadi tantangan karena memerlukan manajemen yang sensitif terhadap kebutuhan spiritual karyawan. Selain itu, strategi kompensasi juga berfokus pada retensi karyawan, mengingat keberlanjutan hubungan dengan pelanggan dalam perjalanan spiritual sangat penting. Dalam hal ini, efisiensi dan efektivitas operasional tercapai melalui strategi kompensasi yang tidak hanya menawarkan insentif finansial, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan spiritual dan profesional karyawan. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika manajemen kompensasi yang unik dalam industri perjalanan yang bersifat spiritual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jotika Journal in Management and Entrepreneurship diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2847, merupakan jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian di bidang manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari ...