Jotika Journal in Management and Entrepreneurship
Vol. 3 No. 2 (2024): Februari

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PAXEL HOME PANJANG JAKARTA BARAT

Aris Ariyanto (Universitas Pamulang)
Maissy Lugina Diana (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada Paxel Home Panjang di Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasinya adalah konsumen Paxel Home Panjang di Jakarta Barat yang berjumlah 95.990 konsumen pada tahun 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 47,1% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,340 > 1,984). Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 39,6% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,012 > 1,984). Kualitas pelayanan dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan persamaan regresi 9,521 + 0,466X1 + 0,300X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 53,7% sedangkan sisanya sebesar 46,3% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (56,166 > 2,700).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jotika Journal in Management and Entrepreneurship diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2847, merupakan jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian di bidang manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari ...