CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 3 (2024): Edisi Agustus

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMK AN NUR AL MUNTAHY

Shodiq, Ja’far (Unknown)
Mutmainnah, Mutmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas strategi pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMK An Nur Al Muntahy. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas XI. Pembelajaran berbasis proyek diterapkan selama satu semester dengan fokus pada pengembangan keterampilan menulis kreatif, berbicara, dan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan mengembangkan ide, penyusunan teks naratif, dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas. Siswa lebih termotivasi untuk mengeksplorasi berbagai sumber informasi dan lebih berani menyampaikan ide-ide baru. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan bekerja secara kolaboratif dan memecahkan masalah secara kreatif. Kesimpulannya, strategi pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Disarankan agar guru lebih sering menggunakan pendekatan ini dalam pengajaran untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...