Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas strategi pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMK An Nur Al Muntahy. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas XI. Pembelajaran berbasis proyek diterapkan selama satu semester dengan fokus pada pengembangan keterampilan menulis kreatif, berbicara, dan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan mengembangkan ide, penyusunan teks naratif, dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas. Siswa lebih termotivasi untuk mengeksplorasi berbagai sumber informasi dan lebih berani menyampaikan ide-ide baru. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan bekerja secara kolaboratif dan memecahkan masalah secara kreatif. Kesimpulannya, strategi pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Disarankan agar guru lebih sering menggunakan pendekatan ini dalam pengajaran untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif mereka.
Copyrights © 2024