CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 2 No 4 (2023): November

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 1 TANJUNG GLUGUR TAHUN AJARAN 2022/2023

Sherly Ayuanggita (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Aenor Rofek (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Heldie Bramantha (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang sangat mempengaruhi terhadap tercapainnya suatu tujuan pembelajaran yang merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan belajar mengajar. Salah satu masalah pokok dalam proses pembelajaran adalah rendahnya daya serap siswa dalam pembelajaran dan siswa tidak aktif pada saat proses pembelajaran, sehingga menghasilkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Talking Stick merupakan model tipe kooperatif yang menekankan pada aktifitas dan interaksi siswa serta kerjasama antar peserta didik untuk mencapai hasil yang maksimal. Adapun langkah model pembelajaran Talking Stick yang pertama guru menyampaikan materi terlebih dahulu setelah selesai guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, setelah itu guru memberikan waktu beberapa menit untuk mempelajari kembali materi yang sebelumnya, setelah itu guru memberikan suatu permasalahan yang harus dipecahkan dengan berdiskusi bersama teman kelompok, setelah selesai permainan Talking Stick dimulai dengan menyanyikan lagu bersama-sama dan pada saat lagu dan tongkat berhenti pada salah satu siswa maka siswa harus menjawab pertanyaan dari guru, oleh karena itu dengan diterapkannya model Talking Stick siswa lebih aktif dan mudah menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Metode penelitian ini menggunakan Jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Tempat pelaksanaan penelitian ini di lakukan di SDN 1 Tanjung Glugur kelas IV dengan adanya penerapan model pembelajaran talking stick dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih tinggi dengan pengaruh yang lebih besar khusunya pada mata pelajaran keaktifan siswa percaya diri dalam berkomunikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...