JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Edukasi Nonformal

Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Secara Sosial

Aisyah, Dinda (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Yolanda, Priska (Unknown)
Elfauda, Zahra (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Elza, Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Ketika manusia dilahirkan, manusia belum mempunyai sifat sosial. Artinya manusia belum mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman berinteraksi dengan orang lain di lingkungannya. Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain sudah dirasakan sejak usia enam bulan. Saat itulah mereka sudah bisa mengenal manusia lain, terutama ibu dan anggota keluarga. Anak mulai bisa membedakan arti senyuman dan perilaku sosial lainnya, seperti marah (tidak senang mendengar suara keras) dan cinta sayang. Perkembangan sosial pada masa remaja mengembangkan kemampuan untuk memahami orang lain sebagai individu yang unik, baik dari segi karakteristik pribadinya, minat, nilai, atau perasaan yang mendorong remaja untuk bersosialisasi lebih intim dengan teman sebaya atau lingkungan masyarakat melalui persahabatan atau romansa. Pada masa ini, sikap cenderung menyerah atau berkembang mengikuti pendapat, opini, nilai, kebiasaan, hobi dan keinginan orang lain. Ya lingkungan pergaulan remaja (teman sebaya) yang menampilkan sikap dan perilaku bertanggung jawab, misalnya taat beribadah, berakhlak mulia, dan lain-lain. Remaja diharapkan memiliki penyesuaian sosial yang tepat dalam arti kemampuan bereaksi secara tepat terhadap realitas, situasi, dan hubungan sosial, baik dalam lingkungan maupun sosial.lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...