EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2024)

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MAGIC SHAPE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Annisa (Unknown)
Pandra, Viktor (Unknown)
Fauziah, Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengingat rumus volume bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Magic Shape pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pre-test and Post-test. Populasi penelitian ini sebanyak 233 peserta didik. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling dan menggunakan satu kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih antara nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 66,13. Hasil uji t menunjukkan (35,213) > (2,042), sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Jadi, hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan setelah diterapkan model

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

emteka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal penelitian di bidang pendidikan matematika memiliki fokus dan ruang lingkup R&D, Kuantitatif, Kualitatif, Korelasi dan Regresi, ICT based learning or IR 4.0, Scientific learning, Realistic Mathematics Education, Contextual Learning, Islamic studies on ...