Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
Vol 11 No 1 (2024): Juni 2024

PENGUATAN KURIKULUM KKNI PRODI PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMAN KABUPATEN PANDEGLANG : Survei Pada SMAN di Kabupaten Pandeglang

Saefudin Zuhri (Unknown)
Yahdinil Firda Nadiroh (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui dan menganalisis relevansi muatan kurikulum KKNI program studi Pendidikan Agama Islam dengan kompetensi dasar pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pandeglang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif descriptive yang menyuguhkan data relevan dengan kondisi data nyata denga menggunakan mix method. Data-data yang dipakai di dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari (1) Dosen-dosen prodi PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten pengampu mata kuliah kegamaan dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS); (2) Guru-guru SMAN di Kabupaten Pandeglang pengampu mata pelajaran PAI dalam bentuk dokumen KI/KD dan Silabus. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat relevansi atau kesesuaian antara kurikulum KKNI prodi PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan kurikulum SMAN pada mata pelajaran PAI. Relavansi tersebut dapat terlihat dari besaran prosentase yang tergambar pada setiap kelas, yakni (1) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas X dideskripsikan 65,90% - 77,27% menunjukan sangat sesuai. (2) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas XI menunjukan angka 68,18% - 81,81%. (3) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas XII didapatkan prosentase 56,25% - 87,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

geneologi

Publisher

Subject

Other

Description

Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten. ...