Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa model alat peraga renang berbasis Flash CS 6 yang akan memudahkan siswa dalam memahami materi renang dan guru dalam mengajarkan materi renang khususnya gaya kupu-kupu dan gaya punggung. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini analisis kebutuhan lapangan, perakitan atau pembuatan produk, validasi oleh ahli media dan bahan, percobaan skala kecil, validasi tahap kedua, percobaan skala besar, produk akhir. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk ahli dan subjek. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif persentase. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk model pembelajaran renang untuk guru. Ahli materi menyebut produk ini dalam kategori baik dengan pangsa 84,6%. Ahli aplikasi menyatakan bahwa produk ini termasuk dalam kategori baik dengan persentase 90,62, meskipun pada penilaian kelompok 87,5 pada penilaian kelompok lapangan 90,90%, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model aplikasi ini dapat digunakan untuk menjadi referensi guru dalam pembelajaran materi renang dan hasil penelitian ini adalah penerapan materi renang kelas XI untuk siswa SMA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023