INNOVATION RESEARCH JOURNAL
Vol 5 No 1 (2024)

The Influence of Service Quality, Price and Delivery Accuracy on Customer Satisfaction at PT YZ

Fitria Wulandari (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Moh Agung Surianto (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk secara sistematis mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan di PT YZ di Pulau Jawa. Faktor-faktor tersebut termasuk kualitas pelayanan, harga, dan ketepatan pengiriman. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yang memungkinkan pengukuran yang lebih objektif terhadap variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel Slovin, menghasilkan 146 distributor sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert. Non Probability Sampling digunakan sesuai dengan karakteristik populasi yang relevan. Analisis dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan harga tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan (masing-masing dengan nilai statistik 0.499 dan 0.340 > 0.05). Namun, variabel ketepatan pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (nilai statistik 0.000 < 0.05), menandakan perannya yang penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di PT YZ.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

innovation

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Innovation Research Journal (jurnal riset berinovasi) diterbitkan oleh lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gresik, dua kali setahun pada bulan Maret dan September, Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk memfasilitasi para ilmuwan, peneliti dan praktisi bisnis untuk ...