Marketplace adalah sebuah platform atau tempat dimana berbagai jenis penjual dengan produk yang berbeda bisa berkumpul untuk menjual produknya ke pelanggan. Banyak jenis-jenis dari marketplace, diantaranya online marketplace seperti e-commerce yang paling sering digunakan. Brother’s pizza merupakan sebuah usaha UMKM yang menggunakan marketplace selama masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketplace selama pandemi terhadap minat beli konsumen pada Brother’s Pizza. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu studi pustaka dan observasi. Selain itu, menggunakan metode survey dan wawancara secara langsung dengan pemilik Brother’s Pizza. Oleh karena itu, pengumpulan datanya diperoleh dari data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu diambil dari data wirausaha saat ini yang mengetahui penjualan, pembuatan, pengeluaran hingga pemasukan Brother’s Pizza. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah marketplace mempunyai pengaruh yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan Brother’s Pizza selama pandemi, dengan adanya marketplace ini dapat memudahkan konsumen dan pembeli tanpa harus bertemu langsung, apalagi saat pandemi berlangsung, yang mana sebagian orang memilih untuk tidak keluar rumah.
Copyrights © 2023