Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan metode demonstrasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan metode tes untuk mengamati kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian, PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang menunjukan bahwa metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil kemampuan berbicara siswa pada tes pra siklus sebesar 4,94 dengan kategori kurang, siklus I sebesar 5,76 dengan kategori hampir cukup, dalam penerapan metode demonstrasi pada pra siklus dan siklus I masih terdapat kelemahan yang terjadi pada proses pembelajaran yaitu siswa kurang serius dalam membaca teks yang diberikan, jawaban siswa tidak sesuai dengan isi teks, adapun alternatife solusi yang diberikan yaitu dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. Berdasarkan solusi tersebut, terjadi penigkatan sebesar 1,03 sehingga pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 6,79 dengan kategori cukup. Dengan memberikan motivasi yang lebih baik, maka kelemahan yang terjadi pada setiap siklus dapat diatasi dengan baik, sehingga pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 1,47 sehingga nilai rata-rata siswa mencapai 8,26 dengan kategori baik
Copyrights © 2024