Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berjudul Peningkatan Kemampuan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karangan Deskriptif Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas VII SMPN 5 Amlapura. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara bertahap atau multisiklus dengan menggunakan prosedur yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), evaluasi (observasi), dan refleksi. Dalam setiap siklus terdapat empat tahap yaitu: (1) merencanakan, (2) tindakan atau pelaksanakan, (3) observasi, (4) refleksi. Untuk memperoleh data yang obyektif tentang Peningkatan Kemampuan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karangan Deskripsi Melalui Metode Latihan,digunakan metode observasi dan metode tes atau penugasan. Metode yang digunakan peneliti untuk menganalisis data tersebut adalah metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis yang dilakukan terus-menerus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan kalimat efektif dalam karangan deskripsi. Penelitian ini berimplikasi bahwa guru bahasa Indonesia hendaknya sering melatih kemampuan menggunakan kalimat efektif pada siswa khususnya dalam membuat karangan, dan dalam proses pembelajaran, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karasteristik materi dan mata pelajaran.
Copyrights © 2024