Jurnal Tomalebbi
Volume 10, Nomor 4 (Desember 2023)

Penerapan Model Pembelajaran Penalaran Moral (Moral Reasoning) Pada Pembelajaran PPKN SISWA KELAS IX SMPN 1 TURIKALE

Mustari Mustari (Universitas Negeri Makassar)
Andi Aco Agus (Universitas Negeri Makassar)
Ittihad Salsabilah Zahrah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Abstract: This research aims to investigate (1) How the Implementation of the moral reasoning model in Civic Education Learning for 9th-grade students at SMPN 1 Turikale. (2) Are there any challenges encountered in applying the moral reasoning method for 9th-grade students in Civic Education Learning at SMPN 1 Turikale. The research method employed is descriptive research with a qualitative approach. The sources utilized include primary and secondary sources, and data collection techniques involve observation, interviews, and documentation.The results of this research conclude that (1) Teachers' readiness in implementing the Moral Reasoning learning model in PPKn learning at SMPN 1 Turikale is less prepared due to (a) Lack of teachers in compiling and planning Moral Reasoning Model learning (b) There are deficiencies in the application of learning syntax and in (c) learning evaluations have not been implemented optimally (2) Teachers' obstacles in implementing the Moral Reasoning Learning Model include difficulty designing suitable case scenarios, time constraints, complex assessments, and the need for further support and training. Students' obstacles include facing challenges in understanding the moral context, low critical thinking skills, and difficulty speaking in front of groups Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran moral reasoning pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas IX SMPN 1 Turikale. (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan Model Pembelajaran Moral Reasoning Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas IX SMPN 1 Turikale. Metode Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data  primer dan data sekunder dengan teknik dan prosedur pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Kesiapan guru dalam menerapkan  model pembelajaran Moral Reasoning Pembelajaran PPKn di SMPN 1 Turikale kurang siap disebabkan oleh (a) Kurangnya Guru dalam menyusun dan merencanakan pembelajaran Model Moral Reasoning (b) Terdapat kekurangan dalam penerapan sintaks pembelajaran dan dalam (c) evaluasi pembelajaran belum optimal dilaksanakan (2) Kendala guru dalam menerapkan Model Pembelajaran Moral Reasoning yaitu kesulitan merancang skenario kasus yang cocok, keterbatasan waktu, penilaian yang kompleks, serta kebutuhan dukungan dan pelatihan lebih lanjut. Kendala siswa yaitu menghadapi tantangan memahami konteks moral, kemampuan berpikir kritis yang rendah, dan kesulitan berbicara di depan kelompok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tomalebbi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Memuat Tulisan yang Menyangkut Pemikiran atau Gagasan Hasil Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan ...