Jurnal Cakrawala Ilmiah
Vol. 3 No. 12: Agustus 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMPN 1 UMALULU

Diana Djera Maramba Nahu (Unknown)
Vidriana Oktoviana Bano (Unknown)
Riwa Rambu Hada Enda (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Mind Mapping terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA kelas VIII Di SMPN 1 Umalulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif, dilaksanakan pada semester genap, tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMPN 1 Umalulu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII A sebanyak 38 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 38 orang sebagai kelas kontrol yang memiliki karakteristik belajar yang sama.Teknik pengumpulan data melalui tes dan hasil observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling. Analisis data menggunakan SPSS 25 dengan uji Chi Square dan Paired Sample Test. Hasil perhitungan nilai kognitif peserta didik adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Mind Mapping terhadap keaktifan peserta didik dan hasil belajar IPA kelas VIII di SMPN 1 Umalulu

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Digitalisasi eknomi menembus batas wilayah negara dan kedaulatan ekonomi yang dapat saja menjadi peluang atau ancaman. Digitalisasi tidak bisa dihindari, tetap permsalahan utamanya adalah bagaimana negara ini harus dapat merumuskan kebijakan agar masyarakat kita jangan hanya menjadi sapi perahan ...