Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Vol 7, No 1 (2024): APRIL 2024

Pengaruh Islamic Marketing Ethics dan Servicescape terhadap Kepuasan dengan EWOM sebagai Variabel Mediasi Pada Nababah BSI KCP Gubug

Yasmin, Jodi (Unknown)
Trishananto, Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh industri perbankan syariah yang melakukan globalisasi guna mengikuti digitalisasi perkembangan zaman dimana semua transaksi dilakukan dengan cara mobile sehingga nasabah tidak perlu datang ke bank. Etika pemasaran islami dan lingkungan layanan yang ikut beradaptasi akan menciptakan kepuasan dan menimbulkan rasa untuk merekomendasikannya ke orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic marketing ethics dan servicescape terhadap kepuasan dengan electronic word of mouth sebagai variabel mediasi (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Gubug). Penelitian menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi berbasis Partial Least Square (PLS). Populasi yang digunakan adalah Nasabah BSI KCP Gubug, sample dalam penelitian ini diambil dengan teknik Non-Probability Sampling yang berjenis Convenience Sampling sebannyak 116 responden. Analisis data yang digunakan yaitu melakukan evaluasi pada Outer Model dan Inner Model agar dapat memecahkan rumusan masalah dan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukan bahwa Islamic marketing ethics dan servicescape dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, selain itu electronic word of mouth juga dapat mampu untuk memediasi Islamic marketing ethics dan servicescape terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Gubug.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jdm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Doktor Manajemen JDM() adalah sebuah jurnal Ilmiah bagi para tenaga kependidikan dosen, professional, mahasiswa, dan mitra bebestari yang ingin menuangkan hasil karya ilmiahnya, berdasarkan penelitian ilmiah, dimana didalamnya mencakup keilmuan bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, ...