Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai kejujuran dalam penetapan harga jual pada restoran online grabfood Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang menggunakan metode fenomenologi . Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 Restoran yang terdaftar pada Aplikasi GrabFood di kota Makassar. Metode pengumpulan data dalam Penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan library research atau kajian kepustakaan. Temuan penelitian ini adalah pada konsep harga jual berbasis consistenct cost-plus pricing pada restoran online grabfood ibu sukina terhadap penetapan harga jual sudah diterapkan secara konsisten dengan memperoleh keuntungan yang kecil karena sistem yang beliau pakai harga harus konsisten baik sebelum promo maupun setelah promo dari pihak grabfood dan harus ada nilai sedekah didalamnya. Penentuan harga yang diterapkan menjadi kewenangan Ibu Sukina. Sedangkan harga jual produknya telah ditetapkan secara konsisten walaupun harga di pasaran mengalami kenaikan. Kemudian pada konsep yang kedua yaitu Consistency Market Mechanism pada restoran online grabfood ibu sukina untuk harga jual yang telah terbentuk pada awal penetapan harga jual melalui mekanisme pasar beliau tidak menaikkan harga meskipun harga jual dipasaran mengalami kenaikan. Adapun Jenis kejujuran yang digunakan untuk merumuskan harga jual Islami dan sudah diterapkan pada restoran online ibu sukina meliputi kejujuran didalam berniat, kejujuran lahiriah dan kejujuran bathiniah.
Copyrights © 2024