Jurnal Bina Desa
Vol 5, No 3 (2023): Vol 5, No 3 (2023) : Oktober

Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila di Era Society 5.0 melalui Pelatihan Konten Positif pada Remaja Desa Lawangrejo

Manggali, Ratna (Unknown)
Ayu Suryandani, Anika Dyah (Unknown)
Sulton, Muhammad (Unknown)
Apriyani, Delta (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Kebebasan berekspresi dalam bermedia sosial tidak jarang menimbulkan disintegrasi masyarakat. Remaja sebagai generasi penerus bangsa dapat berperan memperkuat integrasi masyarakat. Dalam hal ini pembentukan karakter remaja menjadi sangat penting guna perkembangan masa depan, sehingga adanya pengenalan makna Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada kalangan remaja menjadi penting yang diimbangi dengan pengenalan konten positif. Pengenalan konten positif dapat melalui berbagai hal, salah satunya yaitu melalui kegiatan pelatihan menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan konten positif dengan memanfaatkan aplikasi Canva mampu meningkatkan kreativitas remaja dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila yang dikemas dalam sebuah poster positif. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan melibatkan 10 orang remaja Desa Lawangrejo. Hasil yang dicapai setelah kegiatan pelatihan ini yaitu peningkatan kemampuan peserta dalam pembuatan konten positif berupa poster yang bernuansa nilai Pancasila. Dengan adanya pembuatan poster bernuansa Pancasila diharapkan para remaja mampu menyikapi persoalan penyebaran informasi palsu maupun berbagai permasalahan di media sosial yang mampu menimbulkan disintegrasi dalam masyarakat.Kata Kunci: Remaja, Pancasila, Pelatihan, Konten Positif, Canva

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalbinadesa

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bina Desa memuat hasil pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian seperti Pengembangan Masyarakat (Community Development), Pembelajaran Layanan (Service Learning), PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), CBR (Community-Based Research), dan ...