Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 7 No. 1 (2024): Vol. 7. No 1 (2024) : Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI (PAUD) MELALUI GERAK DAN LAGU

Erina Dianti (STAI Darussalam Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pengembangan keterampilan motorik kasar anak bertujuan untuk melatih motorik kasar, meningkatkan kemampuan mengatur dan mengendalikan gerak dan koordinasi tubuh, serta meningkatkan keterampilan jasmani dan pola hidup sehat. Keterampilan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui latihan gerak yang diiringi lagu atau music. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan penjelasan mengenai upaya meningkatkan kemampuan motoric kasar pada anak usia dini melalui gerak dan lagu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review yaitu metode tinjauan pustaka yang bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan mengevaluasi penelitian yang relevan dengan pertanyaan penelitian yang dilakukan. Melalui kegiatan gerak yang diiiringi music atau lagu, gerakan yang dilakukan anak akan lebih terkendali dan terorganisir dengan pola-pola tubuh seperti menegakan tubuh dengan posisi berdiri, tangan dapat digerakkan, dengan santai melangkah dan menggerakkan tungkai dan kaki. Aktifitas gerak dan lagu merupakan perpaduan yang sangat baik jika diberikan untuk anak usia dini, karena Gerakan ini dapat merangsang gerakan tubuh yang lebih kompleks dan peningkatan koordinasi gerak tubuh, keseimbangan, kelincahan, kekuatan, serta koordinasi gerak tangan dan kaki. Geraka-gerakan sederhana dan sistematis berkesinambungan yang dilakukan anak usia dini merupakan aktivitas fisik yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan motorik anak. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar dapat dilakukan melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...