Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 7 No. 1 (2024): Vol. 7. No 1 (2024) : Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengaruh Kegiatan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Anak di TK Dharma Indria 1 Jember

riza meidista rusnawati (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Motivasi merupakan sebuah keinginan atau kemauan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas, terutama dalam hal belajarnya. Motivasi belajar anak di TK Dharma Indria 1 Jember sangat beragam. Motivasi belajar tinggi ditunjukkan dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, anak merasa bersemangat, tidak mudah menyerah, dan sebagainya. Sedangkan motivasi belajar rendah ditunjukkan dengan kurang bersemangat, kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar, tidak mau mencoba kegiatan baru. Dari berbagai bentuk motivasi belajar yang ditunjukkan anak di TK Dharma Indria 1 Jember, guru mempunyai cara untuk membuat anak kembali bersemangat, yaitu dengan kegiatan ice breaking. Sebab, tujuan diberikan ice breaking adalah untuk menumbuhkan perasaan senang atau gembira selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh kegiatan ice breaking terhadap motivasi belajar anak di TK Dharma Indria 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex post facto, dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,007 < 0,05. Maknanya, adanya pengaruh variabel kegiatan ice breaking (X) terhadap motivasi belajar anak (Y) dengan besar pengaruh adalah 27%. Jadi dapat disimpulkan bahwasanya H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh kegiatan ice breaking terhadap motivasi belajar anak di TK Dharma Indria 1 Jember. Kata Kunci : Ice breaking, motivasi belajar, anak usia 4-6 tahun

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...