Science and Technology (SciTech)
The 3rd National Seminar and Proceedings Scitech 2024

PENERAPAN ALGORITMA A* PADA APLIKASI GAME TASHRIF DI MTS-SA ROUDLOTUT THOLIBIN

Reza Ramadhan (Unknown)
R Hadapiningradja Kusumodestoni (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Adi Sucipto (Unknown)
Gun Sudiryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya minat siswa dalam  belajar shorof, karena metode belajar yang masih konvensional. Hal ini membuat siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah media pembelajaran dalam bentuk game edukasi guna menarik minat siswa dan memudahkan memahami dalam belajar ilmu shorof. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD) yang di padukan menggunakan algoritma A*. Dalam penerapannya metode RAD memiliki lima tahapan yaitu, Requirements Planning, Design Workshop, Perancangan dan Pengembangan, Pengujian, Implementasi. Penerapan algoritma A* diterapkan kepada pergerakan enemy untuk mencari rute terdekat menuju player. Hasil dari dari penelitian ini menunjukkan 90,44% responden. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini sangat layak untuk dilakukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

scitech

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terdiri dari 8 keilmuan program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Budidaya Perairan. Melalui transformasi digital harapannya; akademisi dapat menangkap peluang usaha sebagai sumber penghasilan ...