COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 6 (2023)

Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas V SD

Meisy Novita Octaviani (IKIP Siliwangi)
Hana Sakura Putu Arga (IKIP SILIWANGI)
Uus Kuswendi (IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian  dilatar belakangi berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas V serta sebagian guru masih belum menerapkan model pembelajaran hanya memberikan materi dengan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPS jenjang siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka solusi yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di SDN 197 Karang Taruna Karangsari dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian mix method digunakan untuk penelitian ini. Adapun desain yang digunakan adalah sequensial explanatory. Pada penelitian kualitatif menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain Nonrandomized Pre-test Post-test Control Group Design. Sebanyak 26 siswa kelas V C pada kelas eksperimen dan sebanyak 26 siswa pada kelas V A sebagai kelas kontrol di SDN 197 Karang Taruna Karangsari. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik nilai rata-rata gain pada kelas eksperimen sebesar 0,39 termasuk kategori sedang dan nilai rata-rata gain kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 0,26 dengan kriteria rendah. Artinya model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan menggunakan model konvensional. Siswa sangat antusias terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning serta model ini cocok digunakan pada kelas V jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...