Pelaksanaan pendampingan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SDK Majamere yang mana siswa siswi mengalami kesulitan dalam pemahaman literasi dan numerasi terutama dalam membaca, menulis dan berhitung. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa pada siswa kelas rendah dan kelas tinggi. Kegiaan pendampingan ini dilakukan dengan beberapa tahapan metode yaitu metode pengamatan serta pendampingan kelompok belajar siswa secara langsung oleh tim abdimas. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan media seadanya yang ada di kalangan siswa seperti buku bacaan serta alat operasi hitung bilangan. Sasaran utama pada kegiatan ini adalah siswa kelas rendah dan kelas tinggi yang berjumlah 8 orang di kampung Lokawolo desa Woloede. Kegiatan pendampingan di sekolah dan di luar sekolah melalui proses pengamatan terhadap pelajaran yang diberikan guru dan meningkatkan kemampuan nalar siswa terhadap pelajaran yang telah didapat di sekolah terutama dalam bidang literasi dan numerasi. Hasil dari kegiatan pendampingan ini memberikan dampak positif bagi siswa di SDK Majamere khususnya di Kampung Lokawolo Desa Woloede dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa serta motivasi belajar siswa yang semakin meningkat terutama dalam membaca, menulis dan berhitung. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan nilai tes formatif yaitu sebelum dan sesudah kegiatan pendampingan, dengan besar presentase nilai tes sebelum pendampingan yaitu kemampuan literasi sebesar 65%, sedangkan numerasi 48% dan setelah kegiatan pendampingan yaitu kemampuan literasinya sebesar 80% sedangkan numerasi sebesar 65%.
Copyrights © 2024