Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol. 9 No. 3 (2023)

STRATEGI PEMASARAN BIBIT KURMA THAILAND DI KOTA PEKANBARU

Darnilawati, Darnilawati (Unknown)
Lustari, Rindi (Unknown)
Alchudri, Alchudri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Buah kurma adalah buah yang kaya vitamin, mineral dan serat yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Saat ini buah kurma sangat digemari oleh masyarakat karena selain memiliki kandungan vitamin juga kita mendapatkan sunnah dalam mengkonsumsi buah kurma yang merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad saw. Masyarakat Kota Pekanbaru belum banyak yang mengenal dan mengembangkan budi daya bibit kurma Thailan ini. Maka menjadi tantangan bagi pengusaha bibit kurma Thailand dalam memasarkannya agar masyarakat dapat lebih mengenal dan tertarik dalam membudidayakan buah kurma di Pekanbaru, untuk itu maka perlu adanya strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha bibit kurma Thailand kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran bibit kurma Thailand dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pemasaran bibit kurma Thailand di Kota Pekanbaru. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pengusaha bibit kurma Thailand sebanyak 10 responden. Dengan menggunakan metode deskriptif melalui observasi dan wawancara yang dilakukan kemudian data dianalisa untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian tentang strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha bibit kurma Thailand di Kota Pekanbaru yang terdiri dari aspek produk, promosi, harga dan distribusi pemasaran menunjukkan bahwa strategi pemasaran bibit kurma Thailand yang dilakukan masih belum maksimal dikarenakan adanya keterbatasan dari pengusaha dalam mempromosikan produk dan kondisi ekonomi masyarakat yang masih belum stabil. Adapun faktor-faktor pendukungnya antara lain bibit kurma Thailand selalu tersedia, harga yang ditawarkan bervariasi dan belum banyaknya persaingan dalam usaha penjualan bibit kurma Thailand di Kota Pekanbaru. sedangkan faktor penghambat dari pemasaran bibit kurma Thailand ini adalah kurangnya promosi dalam memasarkan produk secara online dan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap budidaya bibit kurma Thailand. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Persaingan, Promosi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...