Seiring dengan tantangan pada era yang semakin maju, tuntutan terhadap proses pembelajaran yang berkualitas terus meningkat sehingga memiliki dampak pada tujuan dan makna pembelajaran. Pembelajaran yang baik menuntut kemampuan guru untuk berinovasi dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Canva. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII disalah satu SMP di Surabaya yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket respons siswa yang dibuat secara online melalui web penyedia survei online, yaitu Zoho Forms. Angket respons siswa terdiri dari 12 pernyataan yang dikembangkan dari 6 indikator, yaitu keterlibatan kognitif, keterlibatan emosional, motivasi instrinsik, motivasi ekstrinsik, pengalaman kompetensi dan pengalaman berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase angket respons siswa yang diperoleh, yaitu sebesar 91,5%. Jumlah persentase tersebut menunjukkan bahwa respons dari siswa sangat setuju dengan kriteria setiap indikator yang terdapat pada angket respons. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Canva mendapatkan respons yang sangat positif dari siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024