EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 9, No 2 (2024): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING: TINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Aisyah, Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Teknologi inovatif yang semakin maju memberikan pengaruh yang besar khususnya dunia pendidikan, yang berarti dunia pndidikan juga harus berubah menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah Pre experimental design dengan desain pretest dan posttest dan teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII. Instrument yang diujikan adalah soal pilihan berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari peningkatan setiap pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga berguna untuk membantu proses belajar mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...