Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Surabaya pada kelas VII-D dengan jumlah siswa 31 anak dengan jumlah laki-laki 21 siswa dan jumlah perempuan 10 siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design dengan pra-eksperimen sebagai desain penelitian, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa . Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui adanya peningkatan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 50 sedangkan nilai rata-rata postes sebesar 86. Kemudian hasil uji N-Gain yang diperoleh sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara hasil tes awal dengan hasil tes akhir.
Copyrights © 2024