EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 9, No 2 (2024): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Mf, Leonny Cahyaningsari (Unknown)
Fauziah, An Nuril Maulida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Surabaya pada kelas VII-D dengan jumlah siswa 31 anak dengan jumlah laki-laki 21 siswa dan jumlah perempuan 10 siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design dengan pra-eksperimen sebagai desain penelitian, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa . Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui adanya peningkatan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 50 sedangkan nilai rata-rata postes sebesar 86. Kemudian hasil uji N-Gain yang diperoleh sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara hasil tes awal dengan hasil tes akhir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...