Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berjalan dengan mengikuti kemajuan zaman. Memasuki era abad ke-21 ini, dunia pendidikan perlu menyesuaikan diri dengan transformasi digital guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan salah satunya pada pembelajaran IPA. Hal ini menjadikan pentingnya belajar secara digital untuk menciptakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui respons peserta didik terkait pembelajaran inkuiri termbimbing yang mengintegrasikan media interaktif Nearpod. Desain yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian poor-experimental design dengan adanya pendekatan kuantitatif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket secara online berupa link dan barcode yang ditujukan kepada 30 orang partisipan yang berasal dari peserta didik kelas VII di salah satu MTs Negeri di Surabaya. Data yang di dapatkan dari pengisian angket respons ini akan dianalisis dengan konversi kedalam persentase persetujuan. Pembelajaran dilakukan selama 3 kali, selanjutnya peserta didik diminta untuk mengisi angket secara tertutup. Berdasarkan hasil tersebut, mayoritas seluruh peserta didik sangat setuju dengan beberapa pernyataan yang telah disajikan. Meskipun terdapat persentase rendah pada beberapa butir pernyataan, namun dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dan media Nearpod telah memberikan dampak yang positif terhadap peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024