EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 9, No 1 (2024): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMP 1 NEGERI KECAMATAN BARUMUN BARU

Tukar Efendi Siregar (Program Studi Tadris Matematika Pascasarjana, Universitasi Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Pelatihan di sekolah dasar sangat penting untuk informasi siswa karena siswa akan mendapatkan semua seluk-beluk tentang dunia pengajaran di sekolah dasar serta mata pelajaran matematika. Permasalahan yang dibicarakan dalam proposisi ini adalah pengujian kemampuan pemahaman konsep kegiatan matematika bilangan bulat pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Barumun Baru Daerah Barumun Baru. Landasan permasalahan dalam pendalaman ini adalah akibat nilai belajar siswa pada materi tugas bilangan bulat terlalu rendah dilihat dari ulangan dan pertemuan, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman yang wajar terhadap materi. Investigasi ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi dan memunculkan ide-ide baru. Investigasi ini merupakan penilaian emosional dengan menggunakan metode klarifikasi. Untuk mengumpulkan data penting. Tes ini menggunakan instrumen pengumpulan data, pengumpulan dan tes. Penanganan informasi harus dimungkinkan secara subyektif secara grafis. Data sekunder berasal dari guru matematika, dan data primer berasal dari kelas VII SMP 1 Barumun Baru. Berdasarkan hasil ujian, dapat dikatakan bahwa siswa sebenarnya kurang memahami materi kegiatan bilangan bulat karena mereka tidak mampu menangani bilangan dengan berbagai tanda atau nilai negatif, memahami cara menyikapi, atau memberi nilai pada garis bilangan. tinggalkan properti tugas. angka absolut. Kurangnya pemahaman siswa dalam menangani soal-soal bilangan pada materi pokok usaha berhitung bilangan adalah siswa tidak dapat menentukan bagian-bagian yang diketahui sehingga siswa tidak mempunyai pemikiran terhadap soal yang akan diteliti dalam soal tersebut dan tidak dapat memikirkan soal-soal yang akan diteliti dalam soal tersebut. Mereka tidak membuat model numerik sehingga mereka tidak tahu bagaimana menyelesaikannya. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...