Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

PEMBELAJARAN INTERAKTIF: INOVASI GURU MATEMATIKA PEMACU KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK

Edi Prayitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2015

Abstract

Pembelajaran interaktif yang dijadikan model adalah pembelajaran interaktif dalam kelompok kecil dengan bantuan compact disc (CD). Model ini diekperimentasikan pada tahun ajaran 2013-2014 di SMA 4 Semarang dengan materi "Penentuan volume benda putar‟. Pembelajaran interaktif dengan bantuan CDnmemfasilitasi peserta didik untuk secara mandiri mengekplorasi konsep, mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah dan mengevaluasi hasilnya. Proses pembelajaran sepenuhnya dilakukan mandiri oleh peserta didik dengan arahan program yang ada dalam CD. Peran guru sebatas pada fasilitator sarana dan arah pembelajaran. Kerja kelompok dilakukan dalam kelompok kecil beranggotakan 2-4 peserta didik. Kemandirian belajar dalam kelompok kecil dimaksudkan untuk menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik menghadapi tantangan permasalahan. Melalui komunikasi interaktif sesama anggota kelompok, peserta didik mencoba mengaplikasikan konsep yang telah diperoleh ke dalam permasalahan. Kegagalan demi kegagalan peserta didik dalam pemecahan masalah secara kelompok tidak menyurutkannyali mereka untuk mencoba kembali. Bersama teman satu kelompok, kepercayaan diri peserta didik tetap terjaga. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Interaktif, Berbantuan CD.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...