G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 8 No. 2 (2024): April 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Budaya Religius Sekolah Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

salsabila Mawaddah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Nurmawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang hubungan antara budaya religius di sekolah dengan kecerdasan spiritual siswa SMP Islam Terpadu ARRAHMAH Depok. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif korelasi. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa SMP Islam Terpadu ARRAHMAH, mulai dari kelas VII hingga kelas IX sebanyak 56 siswa. Dalam penelitian ini, digunakan sampel jenuh dari seluruh populasi. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,616 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima  dan Ho ditolak, yang berarti adanya korelasi antara variabel X (budaya religius di sekolah) dengan variabel Y (kecerdasan spiritual siswa). Kesimpulannya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya religius di sekolah dengan kecerdasan spiritual siswa SMP Islam Terpadu ARRAHMAH Depok, Jawa Barat. Kata kunci: budaya religius, kecerdasan spiritual, sekolah islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...