G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 1 (2024): Desember 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Melihat Pengaruh dari Social Endorsement Cues (SECs) dalam 10 Tahun Terakhir: Systematic Literature Review

Muhammad Reza Satya (Universitas Indonesia)
Hamdi Muluk (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Pengguna media sosial mengalami peningkatan dalam 10 tahun terakhir yang disertai dengan manfaat dan bahaya yang ditimbulkan. Salah satu faktor yang memengaruhi cara orang menilai kebenaran informasi di media sosial adalah pandangan tentang dukungan sosial atau dikenal dengan istilah social endorsement cues (SECs). Peneliti melakukan systematic literature review (SLR) mengenai pengaruh SECs pada penelitian eksperimen. Peneliti menemukan bahwa bentuk SECs semakin beragam seperti rating, label peringatan atau cek fakta, jenis komentar, dan persentase kecocokan dengan suatu produk. SLR ini juga menemukan beberapa variabel potensial yang dapat menjadi moderator seperti rasa percaya, persepsi terhadap media sosial, keberpihakan politik, dan tingkat partisipasi politik. Penelitian ini berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman individu mengenai bagaimana pengaruh SECs terhadap perilaku konsumen dan interaksi sosial di platform digital serta membantu memahami tren dan perubahan individu dalam merespon dukungan sosial. Penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan peran dari variabel yang berpotensi memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pengaruh SECs. Kata kunci: media sosial, social endorsement cues, label peringatan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...