Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 8 No 1: April 2024

Itu Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu: The Effect of the Cooperative Integrated Reading And Composition Method on the Ability to Write Persuasive Texts of Class VIII Students of SMP Negeri 10 Bengkulu City

Dede Wanuddin (a:1:{s:5:"en_US"
s:20:"Universitas Bengkulu"
})

Gumono (Unknown)
Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Penggunaan metode ini berpengaruh positif bagi siswa. Siswa belajar berkelompok bersama dan juga bisa berkomunikasi dalam kelompok untuk memberikan kontribusi atau bahkan mengungkapkan pendapatnya dalam kerja sama kelompok, kemudian siswa juga dapat meningkatkan kehidupan sosialnya melalui fase belajar kelompok tersebut karena mereka bisa berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan teman-temannya dalam kelompoknya, dan dapat menumbuhkan karakter, sikap, dan perilaku yang baik. Tujuan penelitian melihat pengaruh penerapan metode ini dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian preeksperiimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII-A dan sampel penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII-A. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis dengan rumus uji t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil 2-tailed  0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan metode ini berpengaruh bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...