Penggunaan metode ini berpengaruh positif bagi siswa. Siswa belajar berkelompok bersama dan juga bisa berkomunikasi dalam kelompok untuk memberikan kontribusi atau bahkan mengungkapkan pendapatnya dalam kerja sama kelompok, kemudian siswa juga dapat meningkatkan kehidupan sosialnya melalui fase belajar kelompok tersebut karena mereka bisa berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan teman-temannya dalam kelompoknya, dan dapat menumbuhkan karakter, sikap, dan perilaku yang baik. Tujuan penelitian melihat pengaruh penerapan metode ini dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian preeksperiimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII-A dan sampel penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII-A. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis dengan rumus uji t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil 2-tailed 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan metode ini berpengaruh bagi siswa.
Copyrights © 2024