Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII berdasarkan capaian pembelajaran fase D pada kurikulum merdeka. Data penelitian ini diambil dari buku teks Bahasa Indonesia kelas VII. Data dianalisis berdasarkan capaian pembelaran (CP) yang ditetapkan melalui nomor surat 008/H/KR/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualititaif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku teks Bahasa Indonesia kelas VII yang ada berdasarkan capaian pembelajaran yaitu, pada elemen menyimak 26% kegiatan yang sudah ada. Elemen membaca dan memirsa, 53% kegiatan yang sudah ada berdasarkan CP. Elemen berbicara dan mempresentasikan 63% yang sudah ada di buku teks berdasarkan CP, sedangkan kegiatan menulis dengan persentase paling banyak yaitu 68% yang sudah ada berdasarkan CP yang terdapat pada buku teks kelas VII. Capaian pembelajaran yang belum terpenuhi kemungkinan dipelajari pada kelas VIII dan IX.
Copyrights © 2024