Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil nilai kemampuan menulis teks berita yang dilihat dari isi setiap isi struktur teks berita, isi unsur teks berita, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks berita secara keseluruhan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini, pertama penulisan isi setiap struktur teks berita terdapat; 8 orang (12%) kualifikasi sangat mampu, 15 orang (23%) kualifikasi mampu, 31 orang (48%) kualifikasi cukup mampu, 10 orang (15%) kualifikasi kurang mampu, 1 orang (2%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan cukup mampu dengan nilai rata-rata nilai keseluruhan 78.09. Kedua, kemampuan siswa dalam menulis teks berita dilihat dari penulisan unsur teks berita terdapat; 62 orang (95%) kualifikasi sangat mampu, 0 orang (0%) kualifikasi mampu, 1 orang (2%) kualifikasi cukup mampu, 2 orang (3%) kualifikasi kurang mampu, 0 orang (0%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan siswa sangat mampu dengan nilai rata-rata nilai keseluruhan 98.46. Ketiga, kemampuan siswa dalam menulis teks berita dilihat dari penulisan ciri kebahasaan berita terdapat; 2 orang (3%) memiliki kualifikasi sangat mampu, 0 orang (0%) kualifikasi mampu, 15 orang (23%) kualifikasi cukup mampu, 37 orang (57%) kualifikasi kurang mampu, 11 orang (18%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan siswa kurang mampu dengan nilai rata-rata nilai keseluruhan 62.46. Keempat, kemampuan siswa dalam menulis teks berita dilihat dari keseluruhan penulisan kemampuan menulis berita terdapat; 7 orang (10%) kualifikasi sangat mampu, 19 orang (29%) kualifikasi mampu, 35 orang (54%) kualifikasi cukup mampu, 3 orang (5%) kualifikasi kurang mampu, 1 orang (2%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan siswa cukup mampu dengan nilai rata- rata nilai keseluruhan 79.67.
Copyrights © 2024