Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 1 (2024): Janaury-April 2024

Permainan Tradisional untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila Fase Fondasi

Yuningsih, Thia Isri (Unknown)
Agustin, Mubiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran permainan tradisional dalam mendukung program penguatan profil pelajar pancasila fase fondasi. Metode penulisan artikel ini menggunakan studi pustaka. Data artikel ini bersumber dari artikel ilmiah, buku, serta dokumen pemerintah yang relevan dengan topik kajian penulis. Berdasarkan hasil kajian penulis terhadap sumber-sumber penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional berperan dalam pembentukan karakter pancasila pada fase fondasi. Berkompetisi secara adil dalam permainan cerminan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Anak berkomunikasi dengan sesama, dan berperilaku positif selama bermain merupakan dimensi berkeninekaan global. Kolaborasi anak bersama teman-temannya dalam permainan kelompok merupakan dimensi gotong royong. Partisipasi anak secara aktif dan mandiri dalam permainan tradisional merupakan dimensi mandiri. Dimensi kreatif terstimulasi saat anak berstrategi dan mampu memecahkan masalah dalam permainan. Dimensi beralar kritis tergambar saat anak mengemukakan sebuah alasan memilih permainan yang dimainkannya. Keenam elemen profil pelajar Pancasila terpotret dalam permainan tradisional

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...