Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 1 (2024): Janaury-April 2024

Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia 8 Tahun

Rahayu, Dwi (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan membaca pertama dan strategi remediasi yang dihadapi oleh anak usia 8 tahun di SDN 143 Pekanbaru. Metodologi penelitian kualitatif bergaya studi kasus diterapkan. Dokumentasi, wawancara, dan observasi merupakan sumber datanya. Triangulasi digunakan dalam proses penilaian keabsahan data penelitian ini. Reduksi data, visualisasi data, dan pengambilan kesimpulan digunakan untuk menguji prosedur analitik data. Berdasarkan temuan penelitian, beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam mengucapkan dan mengenali huruf b dan d, membaca kata yang memiliki imbuhan, dan memahami frasa sederhana. Temuan studi ini menunjukkan bahwa elemen internal, seperti tanda-tanda kelelahan dan tanda-tanda motivasi siswa untuk mengakses bahan bacaan, merupakan penyebab terjadinya tantangan membaca. Latar belakang dan kemahiran membaca adalah contoh faktor lingkungan eksternal. Guru juga telah melakukan berbagai peran dalam membantu siswa mengatasi tantangan membaca mereka, seperti pembawa pesan, fasilitator, perantara, penilai, administrator atau direktur, motivator, penyelenggara, atau inisiator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...