Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 2 (2024): May-Agustus 2024

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Tahap Pembiasaan di Sekolah Dasar

Imelda, Dewi (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Salah satu cara untuk membiasakan literasi yaitu disebut dengan gerakan literasi sekolah (GLS). Gerakan literasi sekolah (GLS) memiliki tiga tahapan salah satunya adalah tahap pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar pada tahap pembiasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian inquiry naturalistic. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan program gerakan literasi pada tahap pembiasaan di SDN 48 Pekanbaru sudah berjalan antara lain yaitu (1) membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran, (2) Menata sarana dan lingkungan kaya literasi seperti perpustakaan, sudut baca, dan area baca di luar kelas yang disediakan oleh sekolah namun buku yang disediakan masih kurang beragam dan monoton hanya buku pembelajaran saja, (3) Menciptakan lingkungan teks, (4) Memilih buku bacaan di SD, dan (5) Pelibatan publik yaitu mengikutsertakan orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...