Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 2 (2024): May-Agustus 2024

Model Collaborative Learning melalui Permainan Rolling Marbles terhadap Kemampuan Kognitif dan Motorik Halus Anak

Handayani, Sri (Unknown)
Sukartiningsih, Wahyu (Unknown)
Hasibuan, Rachma (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Collaborative  Learning Melalui Permainan Rolling Marbles Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Pendidikan Anak Usia Dini memiliki peran penting dalam mengembangkan semua aspek perkembangan  anak. Kemampuan  kognitif dan motorik halus salah satu kemampuan yang harus di rangsang. Penelitian ini termasuk dalam non-equivalent group design yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen Dimana kemampuan kognitif dan motorik halus diukur melalui kegiatan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang hasilnya dihitung dengan menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model collaborative  learning melalui permainan rolling marbles memiliki pengaruh yang signifikan terhadap  kemampuan kognitif dan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji menunjukkan jawaban bahwasanya metode collaborative  learning melalui permaianan rolling marbles berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan motorik halus anak usia 4-5 tahun

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...