Jurnal Pendidikan Bahasa
Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa

Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning pada Materi Teks Artikel

Anifatus Sholihah (Universitas Brawijaya)
Warsiman Warsiman (Unknown)
Heni Dwi Arista (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran interaktif berbasis blended learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan pola pembelajaran menggunakan media e-learning dengan tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran interaktif berbasis blended learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks artikel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I data persentase keaktifan siswa sebesar 30,99%; siklus II sebesar 32,95%; dan siklus III sebesar 39,71%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis blended learning, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, terutama pada materi teks artikel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan ...