Jurnal Ekonomi Efektif
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL EKONOMI EFEKTIF

Meninjau Kepuasan Pelanggan melalui Promosi dan Kualitas Pelayanan serta Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Optik Putra Jaya

Arianto, Nurmin (Unknown)
Asmalah, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan ukuran baik buruknya produk baik promosi ataupun pelayanan dalam memenuhi harapan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas baik secara langsung ataupun tidak langsung, metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan menggunakan path analisis dan jumlah sampel sebanyak 83 responden. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui semua variabel memiliki pengaruh baik secara langsung atau tidak langsung dari setiap variabel dan diperoleh bahwa pengaruh tertinggi yaitu kualitas pelayanan terhadap kepuasan memiliki pengaruh yang tertinggi, hal ini juga diperkuat dengan hasil pengujian secara tidak langsung bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas, sehingga membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan akan semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang berdampak pada tingginya loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Efektif (JEE) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang belum diterbitkan di ...