Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pelanggan Mie Gacoan di Bandar Lampung sebanyak 120 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan di olah menggunakan SPSS 25. Hasil yang di dapat menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan harga berdasarkan persamaan pertama loyalitas pelanggan baik secara gabungan maupun parsial dan pengaruh kualitas produk, harga dan loyalitas pelanggan persamaan kedua secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan baik secara gabungan maupun secara parsial. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perusahaan harus mampu memberikan kualitas dan harga produk yang baik untuk menciptakan loyalitas pelanggan terhadap suatu produk karna loyalitas pelanggan terhadap kualitas dan harga produk akan membuat konsumen merasa puas.
Copyrights © 2024