Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 9 No 2 (2024): JULI

Program Pembelajaran Berbasis Buku dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak di Sekolah Penggerak

Fajriana, Isna (Unknown)
Fitriani, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Perkembangan literasi didukung melalui program pembelajaran berbasis buku untuk menunjang keberhasilan anak dalam proses pembelajaran disekolah penggerak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan program pembelajaran berbasis buku untuk mengembangkan kemampuan literasi anak disekolah penggerak. Peneiitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan satu orang guru kelas B2.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran berbasis buku di TKIT Syeikh Abdurrauf dilaksanakan selama enam hari yaitu projek membuat buku Cut Nyak Dhien. Ada tiga tahapan projek yakni tahapan permulaan, tahapan pengembangan dan tahapan penyimpulan. Program ini dilaksanakan dalam tiga tahapan pembelajaran yang mencakup tahapan pembuka, tahapan inti dan tahapan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak tercapai sesuai dengan elemen capaian dasar-dasar literasi yaitu anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengkomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan, anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Kemudian hasil ini juga di dukung dengan kemampuan literasi awal anak, muncul rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, dan anak mampu mengembangkan kemampuan membaca dan menulis melalui bercerita. Sehingga program ini mendukung pembelajaran untuk anak melalui perantara buku yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...