Anak usia dini harus mampu mengungkap ide-ide kreatifnya, tetapi yang terjadi anak cenderung meniru hasil karya temannya dan tidak percaya diri dengan hasilnya sendiri serta anak masih terpaku pada bantuan guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terintegrasi ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini 43 anak. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan Model Project based learning terintegrasi ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan yaitu t hitung 2,945 dan t tabel yaitu 2,055 yang artinya t hitung > t tabel atau 2,945>2,055 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model project based learning terintegrasi ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Penerapan Model Project based learning terintegrasi ecoprint terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun, ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan anak dalam berpikir kreatif dan menghasilkan karya yang inovatif.
Copyrights © 2024