PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 6 No 2 (2024): Journal on Pedagogical Mathematics

PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SENDANA

Sukra (Unknown)
AR, Rezki Amaliyah (Unknown)
Hakim, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning menggunakan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sendana. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPA dan diambil 2 kelas untuk dijadikan sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa, lembar tes pemahaman konsep matematis siswa serta angket respons siswa. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil tes pemahaman konsep matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model blended learning menggunakan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sendana

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...