PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 6 No 2 (2024): Journal on Pedagogical Mathematics

PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 MAJENE

Rismah (Unknown)
Indrawati, Nenny (Unknown)
Nurhidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Majene. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat Causal Comparative Research dengan sampel penelitian sebanyak 46 siswa yaitu kelas IX A dan IX C yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kecerdasan interpersonal, (2) angket motivasi belajar matematika, dan (3) prestasi hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil pengujian deskriptif data menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan interpersonal berada pada kategori rendah, (2) motivasi belajar berada pada kategori cukup, dan (3) prestasi belajar matematika berada pada kategori sedang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini ada 3 dengan hasil pegujian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, yaitu: (1) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dan (3) kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...