Pendidikan saat ini menuntut peserta didik untuk lebih aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Sehingga, digunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) sebagai salah satu pendekatan yang dapat memenuhi capaian tersebut, disebabkan pendekatan Student Centered Learning (SCL) memusatkan peserta didik sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar pada pendekatan Student Centered Learning (SCL). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan menggunakan dua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 mahasiswa kelas eksperimen dan 15 mahasiswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda berjumlah 20 soal. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 79,21 dan kelas kontrol 60,23 maka selisihnyasebesar 18,98. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar dengan uji t (α = 0,05) diperoleh Thitung (6,316) > Ttabel (2,042). Berdasarkan hasil tersebut didapatkan bahwa penerapan pendekatan Student Centered Learning (SCL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini terjadi, karena pendekatan Student Centered Learning (SCL) mendorong pembelajaran secara aktif yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didik untuk lebih kreatif dan mandiri dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2024