Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku pada materi menulis teks persuasif berbasis Explicit Instruction yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian pengembangan media pembelajaran buku saku ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho. Hasil penelitian ini berupa produk buku saku berbasis Explicit Instruction pada materi menulis teks persuasif. Penilaian ahli materi revisi I mencapai 95%, pada revisi II 98,7% dengan kriteria sangat layak. Penilaian Ahli bahasa revisi I 78,5%, pada revisi II mencapai 100%, dengan kriteria sangat layak. Penilaian ahli desain revisi I 40%, pada revisi II mencapai 98,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian pada angket respon peserta didik uji coba perorangan memperoleh skor 93,3% kategori sangat praktis. Pada uji kelompok memperoleh skor 95 % kategori sangat praktis. Pada uji lapangan memperoleh skor 96,8% kategori sangat praktis. Penilaian tes hasil belajar peserta didik memperoleh presentase ketuntasan klasikal pada uji coba perorangan 100%, pada uji coba kelompok 100% dan uji coba lapangan 89,6 % dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan media pembelajaran buku saku yang dikembangkan dengan berbasis Explicit Instruction sangat layak, praktis, dan efektif digunakan sehingga memenuhi harapan atau tujuan penelitian.
Copyrights © 2023