Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 3 No 3 (2023): NOVEMBER

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU PADA MATERI MENULIS TEKS PERSUASIF BERBASIS EXPLICIT INSTRUCTION

Berkat Kristian Hulu (Universitas Nias)
Trisman Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku pada materi menulis teks persuasif berbasis Explicit Instruction yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian pengembangan media pembelajaran buku saku ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho. Hasil penelitian ini berupa produk buku saku berbasis Explicit Instruction pada materi menulis teks persuasif. Penilaian ahli materi revisi I mencapai 95%, pada revisi II 98,7% dengan kriteria sangat layak. Penilaian Ahli bahasa revisi I 78,5%, pada revisi II mencapai 100%, dengan kriteria sangat layak. Penilaian ahli desain revisi I 40%, pada revisi II mencapai 98,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian pada angket respon peserta didik uji coba perorangan memperoleh skor 93,3% kategori sangat praktis. Pada uji kelompok memperoleh skor 95 % kategori sangat praktis. Pada uji lapangan memperoleh skor 96,8% kategori sangat praktis. Penilaian tes hasil belajar peserta didik memperoleh presentase ketuntasan klasikal pada uji coba perorangan 100%, pada uji coba kelompok 100% dan uji coba lapangan 89,6 % dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan media pembelajaran buku saku yang dikembangkan dengan berbasis Explicit Instruction sangat layak, praktis, dan efektif digunakan sehingga memenuhi harapan atau tujuan penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...